Senin, 19 Desember 2011

Tres Leches Cake

LBT #11
Tres Leches Cake
Teh tarik flavour with cinnamon cream cheese frosting

Tres Leches Cake?hmmh br dnger nih. Klo kata orang bule sih Tree Milk Cake (leches:susu dlm bahasa Spanyol). TLC/TMC ini adalah jenis sponge cake dr Amerika latin. Yang penyajiannya disiram/direndam dgn 3 jenis susu: evaporated milk/fresh milk,condensed milk,&whipping cream. Kemudian didiamkan semalaman di lemari es sampai benar2 meresap. Teksturnya basah&berongga (tapi punyaku ga berongga,ga tau kenapa hihi).Sempet bingung waktu dikasih PR ini & ternyata ga ribet bikinnya :)
Aku cari, apa minuman yg biasa pke susu selain kopi&coklat. Dan keinget lah sm teh tarik.
Why teh tarik? Hmmh karna aku suka :B dan kebetulan hasil diskusi sm si "unyil". Thanks unyil :). Penasaran aja sm cake rasa teh tarik. Meskipun pke teh tarik instan, yg ga senikmat teh tarik fresh from the bar *halah bahasanya. Pdhl tadinya mau pke green tea,tapi ampun deh harganya hehe.
Frostingnya pk cream cheese yg di dusting cinnamon powder *yang ini aku liat frostingnya Jenk Martha Stewart hehe. Utk displaynya, tadinya ga gini. Tapi gpp :). Yuk cek resepnya. Cekidot !!



Tres Leches Cake (Pastel de Tres Leches)
Source: Doc. LBT (mba Vivi Nowotny)
Modified by: Me
Teh tarik flavour with cinnamon cream cheese frosting

Ingredients :
140gr cake flour
1 ½ tsp baking powder
¼ tsp garam
5 pcs eggs (pisah kuning&putihnya)
180gr castor sugar (divide in 140gr & 40gr) >> aku pake 150gr
1 tsp vanilla >> aku pake vanila susu L'arome
80ml fresh milk **

Bahan siraman :
fresh milk
condensed milk
whipped cream
teh tarik instan
(maaf utk bhn siraman,aku cm pk feeling aja.karna aku bikin buat 2 cake ukuran 5cm)

Cream cheese frosting :
250gr cream cheese
3tbsp icing sugar
1tsp vanila susu L'arome

Methodes :
1. Panaskan oven ke 180 derajat celcius. Olesi tipis dengan butter pada loyang 9x13 inchi.Sisihkan. (aku pake loyang kotak uk 18cm).
2. Ayak tepung,baking powder dan garam, sisihkan.
3. Dalam mangkuk besar.Dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi, kocok kuning telur dan 110 gram gula pasir hingga kental dan berwarna pucat. Tambahkan susu cair dan vanili ke dalamnya,kocok kembali hingga tercampur rata - kocok sebentar saja.
4. Tuang campuran kuning telur tadi ke dalam campuran tepung dengan menggunakan spatula karet,dengan teknik aduk balik secara perlahan sampai tercampur rata.
5. Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, kemudian masukan 40 gram gula pasir. Kocok kembali hingga SOFT PEAK ( yaitu dikocok hingga kaku tetapi tidak kering).
6. Masukan 1/3 adonan tepung kedalam adonan putih telur dengan menggunakan Spatula karet, aduk rata. Kemudian masukkan kembali campuran Putih telur tadi ke dalam adonan tepung, (Teknik ini disebut teknik pancing agar adonan dapat tercampur sempurna). Aduk - aduk adonan perlahan dengan cara di aduk balik sampai tercampur rata (homogen).
7. Tuangkan adonan ke dalam loyang. Panggang selama 35 - 45 menit ( gunakan test tusuk ). Angkat loyang kue dan biarkan dingin selama kurang lebih 1/2 - 1 jam.
8. Siraman:seduh teh tarik instan,tunggu sampai dingin.Lalu campurkan dengan susu cair,susu kental manis,&krim kental.
9. Setelah cake dingin,cetak dengan cetakan berbentuk tabung.Masukkan dengan hati2 ke cetakan tersebut,alasi dengan loyang lagi.Tusuk - tusuk perlahan permukaan cake menggunakan tusuk gigi atau garpu, di beberapa bagian cake agar saat cake disiram dengan susu akan terserap lebih baik dan susu tidak menggenang di atas permukaan cake.
Secara perlahan siramkan campuran 3 Susu tadi diatasnya.
10. Masukkan Cake ke dalam lemari es dan biarkan susu sampai betul - betul menyerap ke dalam cake kurang lebih 8 jam ( semalam ). Dengan begitu susu akan terserap baik dan tekstur cake akan lebih lembut dan berongga.
10. Frosting : kocok cream cheese sampai lembut,masukkan gula halus&vanila,kocok rata.
11. Penyajian. Spuitkan frosting diatas cake,dusting dgn cinnamon powder,dan hias sesuai selera.

Note :
**Susu cair dapat di ganti dengan Santan atau Susu kedelai dan dapat digunakan dari Susu bubuk yang dicampur dengan air.
* Jika ingin menjaga berat badan atau masalah dengan kalori, silahkan gunakan susu khusus, seperti Susu tanpa lemak ( No fat milk ), atau susu rendah lemak, Susu khusus untuk alergi, Susu rendah kalori atau ada juga susu gluten free dsb.
* Untuk Bahan Siaraman, jika tidak ingin terlalu banyak dapat di gunakan hanya 1/2 bahan saja.
* Menurut mba Ricke "Bunda Nadhifa" Indriani : " untuk menyeimbangkan rasa susu, cake ini biasanya juga dipadukan dengan buah2an pada toppingnya ataupun pada saat disajikan, atau bisa juga menggunakan selai buah. Cakenya tidak harus vanilla saja, bisa dibuat varian rasa lain sesuai selera. Bila tidak ada evaporated milk, bisa menggunakan fresh milk atau UHT milk (susu cair tawar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar